IPS Sekolah Menengah Atas provensi terkecil di indonesia​

provensi terkecil di indonesia​

Jawaban:

DKI Jakarta

Provinsi terkecil di Indonesia yang pertama adalah DKI Jakarta. Ibu kota negara Indonesia ini hanya memiliki luas wilayah sebesar 664,01 km2. Jika dihitung secara matematis, luas wilayah di Jakarta hanya 0,03 persen dari wilayah Indonesia. Sangat kecil sekali, ya!

Daerah Istimewa Yogyakarta

Urutan kedua provinsi terkecil di Indonesia yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Provinsi yang berada di selatan pulau Jawa ini hanya memiliki luas wilayah sebesar 3.133,15 km2. Kendati nomor dua provinsi terkecil di Indonesia, tetapi tidak sekecil DKI Jakarta yang memiliki lahan tak sampai 1.000 km2.

Bali

Di urutan selanjutnya, provinsi terkecil di Indonesia adalah Bali. Bali merupakan provinsi sekaligus salah satu pulau yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain kekayaan alam yang indah, kultur budaya Bali juga menarik. Bali hanya memiliki luas lahan sebesar 5.780,06 km2.

Kepulauan Riau

Kepulauan Riau merupakan provinsi dengan luas wilayah terkecil keempat di Indonesia. Luas wilayah di Provinsi ini yakni 8.201,72 km2. Dengan banyak gugus pulau yang ada di provinsi ini, menjadikan sektor bahari sebagai mata pencaharian utama masyarakat adalah nelayan atau sektor pariwisata bahari

Banten

Banten merupakan provinsi di Indonesia yang memiliki luas wilayah terkecil kelima. Provinsi ini merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia, karena merupakan pecahan dari Jawa Barat. Luas wilayah Provinsi Banten sebesar 9.662,92 km2.

Gorontalo

Provinsi terkecil di Indonesia berikutnya yakni adalah Gorontalo dengan luas wilayah sebesar 11.257,07 km2. Provinsi ini merupakan pecahan dari Provinsi Sulawesi Utara yang membuat pemerintahan baru dan otonomi daerah.

Sulawesi Utara

Sulawesi Utara merupakan provinsi ketujuh di Indonesia yang memiliki luas terkecil. Sulawesi Utara sendiri memiliki luas wilayah 13.892,47 km2. Sulawesi Utara memiliki gugus kepulauan terluar di Indonesia dan hampir berbatasan dengan Filipina yakni pulau Miangas.

Bangka Belitung

Provinsi yang terkenal dengan makanan martabak ini merupakan provinsi terkecil kedelapan di Indonesia yang memiliki luas wilayah 16.424,06 km2. Bangka Belitung merupakan provinsi dengan beberapa gugus pulau kecil di sekitarnya, dengan dua pulau utama yakni pulau Bangka dan Pulau Belitung.

Pulau ini terkenal karena pernah digunakan tempat syuting film terkenal yakni Laskar Pelangi.

Sulawesi Barat

Provinsi Sulawesi Barat merupakan provinsi terkecil di Indonesia berikutnya yang hanya memiliki luas wilayah sebesar 16.787,18 km2. Provinsi ini merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia, karena merupakan pemekaran dari Sulawesi Selatan.

Nusa Tenggara Barat

Provinsi terkecil di Indonesia yang terakhir yakni Nusa Tenggara Barat. Provinsi ini memiliki luas wilayah sebesar 18.572,32 km2. Provinsi ini terdapat dua gugus pulau utama yakni Lombok dan Sumbawa.

Jawaban:

DKI.Jakarta

Penjelasan:

Ibu kota Negara Indonesia saat ini wilayahnya hanya seluas 664 km persegi

[answer.2.content]